Jawa Barat

1. Tahu Gejrot

tahugejrot

Tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon, Indonesia. Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya cabe, bawang merah, gula. Biasanya disajikan di layah kecil. atau coet, biasanya pedagang menjajagan dagangannya dengan menggunakan sepeda, makanan ini enak sekali dimakan disiang hari yang terik dengan keringat bercucuran mantap
Tahu Gejrot, nama yang unik dan dari nama unik itu menyimpan sejuta rasa nikmat di lidah, makanan ini berupa Tahu khusus yang rasanya tawar kemudian dicampur dengan bumbu cair berwarna kecoklatan dan alas makannya pun terbuat dari tanah yang dibuat berupa piring kecil yang disebut dengan Coet dan cara makannya pun memakai tusukan yang terbuat dari bambu, pokoknya kelihatannya menarik dan natural
makanan yang terdiri dr tahu yang dipotong-potong kecil dan di bumbui garam, bawang merah, bawang putih, gula merah dan cabe, kemudian di ulek seperti halnya membuat sambal dalam coet namun ini beda setelah di ulek diberi air yang sudah dibumbui oleh kecap dan gula aren yang sebelumnya di godok dan kemudian di dinginkan, bumbu cair inilah yang membasahi potongan Tahu dan menjadikan ciri khas Tahu gejrot yang rasanya selalu menempel di lidah.

2. Nasi Jamlang

Nasi-Jamlang

Sega Jamblang (Nasi Jamblang dalam Bahasa Indonesia) adalah makanan khas masyarakat kota Cirebon, Jawa Barat. Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun Jati sebagai bungkus nasi. Penyajian makanannya pun bersifat prasmanan.
Menu yang tersedia antara lain sambal goreng (yang agak manis), tahu sayur, paru-paru (pusu), semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar/telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu dan tempe. Sega Jamblang adalah makanan khas Cirebon yang pada awalnya diperuntukan bagi para pekerja paksa pada zaman Belanda yang sedang membangun jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan yang melewati wilayah Kabupaten Cirebon, tepatnya di Desa Kasugengan. Sega Jamblang saat itu dibungkus dengan daun jati, mengingat bila dibungkus dengan daun pisang kurang tahan lama sedangkan jika dengan daun jati bisa tahan lama dan tetap terasa pulen. Hal ini karena daun jati memiliki pori-pori yang membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu yang lama.

Keberadaan Sega Jamblang sebagai makanan khas Cirebon, tentunya tidak bisa dilepaskan dari sosok salah satu pedagangnya yang cukup tersohor, yaitu MANG DUL. Nasi Jamblang Mang Dul cukup dikenal oleh masyarakat Cirebon, bukan hanya bagi masyarakat kebanyakan, tetapi juga menyentuh kalangan pejabat. Hampir semua Kepala Daerah, baik itu walikota atu bupati Cirebon, pernah singgah di warung Sega Jamblang Mang Dul. Bahkan beberapa selebritis ibukota, jika singgah di Kota Cirebon, selalu menyempatkan mampir ke warung nasi ini.
Sentra makanan Sega jamblang di Kota Cirebon saat ini terletak di wilayah Gunung Sari, sekitar Grage Mall. Warung ini tidak pernah tutup alias buka 24 jam. Walaupun menunya sangat beraneka ragam, namun harga makanan ini relatif sangat murah. Karena pada awalnya makanan tersebut diperuntukan bagi untuk para pekerja buruh kasar di Pelabuhan dan kuli angkut di jalan Pekalipan.

3. Empal gentong

empal

Cirebon lagi-lagi “memaksa” saya untuk menampilkan salah satu makanan khas-nya. Sebagai salah satu provinsi di jawa barat, cirebon memang memiliki ekayaan kuliner yang sangat beragam Setelah sebelumnya saya hadirkan nasi jamblangnasi lengkodan yang lainnya kini giliran empal gentongyang akan coba saya hadirkan. empal gentong sendiri adalah makanan khas Cirebon sejenis soto tetapi lebih kental dan Cara makannya pun tak jauh beda dengan soto, yakni dimakan campur dengan lontong atau nasi.

Mungkin Yang membedakan empal gentong dengan soto adalah alat masaknya yang unik, yakni menggunakan gentong. Selain itu, makanan ini umumnya dimasak menggunakan kayu bakar. Selain alat memasaknya yang khas, empal gentong juga memiliki sambal yang punya cita rasa tersendiri. Sambal yang super pedas dan berbahan dasar cabe rawit yang dikeringkan ini membuat rasa maupun aromanya benar-benar khas dan menggugah selera makan.

Sesuai dengan namanya bahan utama dari empal gentong adalah empal atau juga jerohan sapi yang di masak dengan santan kental. Empal gentong adalah menu wajib yang harus di cicipi saat sedang berada di cirebon selain nasi jamblang tentunya, Ini karena memang dua makanan ini yang paling populer dari cirebon.

4. Soto Sadang

SOTO SADANG

Indonesia memang negara yang sangat kaya akan keanekaragaman kuliner. Tiap daerah punya kuliner khas masing-masing dan bahkan satu jenis kuliner akan jadi berbeda jika berada di daerah lainnya, salah satu kuliner khas yang banyak terdapat di indonesia adalah soto dan tiap daerah di indonesia memilki soto yang berbeda baik dari segi nama maupun rasanya. Di lamongan ada soto lamongan, di kudus ada soto kudus dan masih banyak farian soto yang lain dan kini saya akan hadirkan soto khas purwakarta jawa barat yaitu soto sadang.

Soto sadang adalah jenis soto yang berkuah kental yang di hasilkan dari santan, tetapi biasanya sekarang sudah ada beberapa warung yang menyajikan soto sadang dengan kuah terpisah dan juga bening, jadi buat anda yang takut santan bisa tetap menikmati soto dadang dan silahkan klik disini untuk melihat resep dan cara membuatnya.

Dari tampilannya, soto sadang sudah menjanjikan rasa yang gurih. Ditambah lagi dengan taburan daun bawang dan kerupuk emping, salah satu jenis soto khas Indonesia ini cukup menggugah selera dan jika anda suka pedas bisa ditambah dengan sambal.

Soto sadang sendiri biasanya disajikan dengan beberapa cara, Ada yang berupa soto babat atau iso, soto kaki atau kikil, soto daging, soto ayam, dan soto campur. Kendati begitu semuanya tetap bisa disajikan baik dalam bentuk santan atau bening.

Buat orang yang sering bepergian jakarta bandung atau yang biasa mudik jdari jakarta dengan tujuan wilayah timur dengan menggunakan jalur darat pasti akan dengan sangat mudah menemukan warung yang menjual soto sadang ketika memasuki daerah purwakarta, hampir di sepanjang jalan yang biasa di lalui mudik banyak sekali warung soto sdang baik yang besar atau yang hanya kaki lima.
5. Asinan Bogor

asinan-bgor-sayur
kali ini kita akan sedikit membahas tentang kuliner khas indonesia yang sehat dan merupakan kuliner khas dari bogor jawa barat. nama kuliner tersebut adalah asinan atau lengkapnya asinan bogor.Kuliner ini merupakan hidangan sehat, kaya antimikroba dan antioksidan. Asinan juga mengandung zat penangkal kanker dan hipertensi, serta membuat awet muda dan bebas osteoporosis.

asinan bogor ini jika di barat mungkin hampir mirip dengan salad dan di Korea mirip dengan kimchi. Dan untuk memperkenalkan “salad” khas indonesia, beberapa hotel berbintang juga telah menyajikan asinan sebagai salah satu menu unggulan dessert.

sebenarnya asinan tidak hanya ada di bogor walaupun memang yang paling terkenal adalah asinan bogor, asinan juga terdapat di beberapa daerah. Di daerah Banten terkenal masakan rabeg, yaitu sejenis gulai kambing yang dimasak seperti sup. Masyarakat Betawi juga mempunyai asinan khasnya yang dikenal dengan asinan betawi.

Asinan bogor terdiri atas tiga jenis, yaitu asinan buah, asinan sayuran, dan asinan campuran. Asinan buah komponennya, yakni nanas yang diiris tipis melintang dipotong empat, buah salak, jambu air, ubi jalar yang diiris tipis-tipis bundar melingkar, bengkuang yang dipotong dengan irisan tidak beraturan, dan kedondong yang dipotong memanjang.

Komponen asinan sayur bogor adalah sawi asin yang dipotong melintang, bawang kecil yang telah diasinkan, bengkuang, irisan melintang ketimun, taoge, tahu kuning yang diiris bentuk segitiga, dan diberi segenggam daun antanan.

Pilihan lain dari asinan bogor adalah asinan campur yang merupakan campuran antara asinan buah dan asinan sayur, Bumbunya hampir menyerupai asinan betawi yang menggunakan campuran gula merah, cuka, dan terasi.

Membuat asinan tidaklah sulit. Jika Membuat sendiri di rumah tentu akan terasa lebih nikmat karena dapat memodifikasi jenis buah atau sayur sesuai selera. Umumnya sayuran yang biasa digunakan adalah kol yang diiris tipis, wortel, ubi jalar merah, bengkuang, pepaya mengkal, ketimun, dan kacang tanah goreng.

Leave a comment